Bacaan Istiftah Penuh dengan Tauhid yang Sebaiknya Kamu Hafal – Syaikh Abdurrazzaq al-Badr
Pembahasan tentang manfaat zikir secara terperinci membutuhkan pembahasan yang panjang lebar,
namun aku akan membahas satu contoh saja. Dengan contoh itu dapat diketahui manfaat dari yang semisalnya dalam bab ini. Yaitu tentang hadits agung dan menyeluruh dalam perkara aqidah.
Bahkan sebatas pengetahuan dan penelaahanku, ini merupakan hadits yang paling menyeluruh dalam perkara-perkara aqidah, pokok-pokok agama, dan asas-asas beragama.
Hadits ini disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim. Dari riwayat Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhuma-
bahwa Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- jika berdiri di malam hari untuk bertahajjud, Beliau membaca, yakni membuka shalat malamnya -oleh sebab itu dalam riwayat lain disebutkan, “Setelah bertakbir…”
yakni setelah melakukan takbiratul ihram pada shalat malam”-
Beliau membuka shalatnya dengan membaca (istiftah): “Ya Allah, segala puji hanya bagi Engkau;
Engkau yang mengurusi langit, bumi, dan seisinya.
Segala puji hanya bagi Engkau;
Engkau cahaya bagi langit, bumi, dan seisinya.
Segala puji hanya bagi Engkau;
Engkau Penguasa langit, bumi, dan seisinya.
Segala puji hanya bagi Engkau;
Engkau Maha Benar dan janji-Mu benar.
Pertemuan dengan-Mu benar.
Firman-Mu benar dan pertemuan dengan-Mu benar.
Surga itu benar dan neraka juga benar.
Para nabi benar.
Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam- benar.
Dan hari kiamat adalah benar.
Ya Allah, kepada Engkau aku berserah diri.
Kepada Engkau aku beriman.
Kepada Engkau aku bertawakkal.
Kepada Engkau aku bertaubat.
Kepada Engkau aku memohon petunjuk.
Dan kepada Engkau aku berhukum.
Maka ampunilah aku atas segala yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan,
yang aku rahasiakan dan yang aku tampakkan.
Engkaulah Yang Terdahulu dan Terakhir.
Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau.
Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”
Lafadz doa istiftah ini di Shahih Bukhari (dengan sedikit perbedaan lafadz dengan yang disampaikan Syaikh):
(Syaikh al-Albani rahimahullah juga mencantumkan doa istiftah ini di kitab Sifat Shalat Nabi dengan sedikit perbedaan lafadz) Subhanallah, betapa agung doa istiftah ini!
Dan betapa mulia kedudukannya!
Serta betapa menyeluruh kandungannya tentang perkara aqidah dan asas keimanan. Dan ia tergolong matan (bacaan) yang lengkap kandungannya dalam perkara aqidah. Dianjurkan bagi setiap muslim untuk membacanya setiap malam. Dan kamu tidak mungkin dapat mengatakan ini pada matan-matan yang ditulis para ulama, dengan anjuran untuk dibaca setiap malam. Namun matan aqidah yang agung dan menyeluruh ini, yang dibaca Nabi kita -shallallahu ‘alaihi wa sallam- setiap malam untuk membuka shalat malamnya, kamu dapat menganjurkan setiap muslim untuk membacanya setiap malam sebagai pembuka shalat malamnya.
Untuk meneladani Nabi yang mulia -shalawatullahi wasalamuhu ‘alaihi-. Imam al-Ajurriy -rahimahullah-, salah satu ulama salaf memiliki kitab yang diberi nama ‘Tahajjud wa Qiyamu al-Lail’, dan kitab ini telah dicetak. Saat beliau menyebut hadits ini, Beliau berkata, “Ini merupakan hadits yang mulia yang setiap muslim dianjurkan untuk menghafalnya.”
Beliau melanjutkan, “Aku berkata, setiap muslim hendaklah menghafalnya …agar dapat ia baca setiap malam saat melaksanakan shalat malam, jika memang ia terbiasa melaksanakan shalat malam.”
Beliau melanjutkan, “Dan jika ia tidak terbiasa shalat malam, maka aku juga menganjurkannya untuk menghafalkan doa istiftah ini semoga Allah -Subhanahu wa Ta’ala- menjadikannya penolong baginya agar ia dapat melakukan shalat malam.”
Doa istiftah ini -sebagaimana yang telah aku katakan- menghimpun seluruh perkara aqidah; Menghimpun asas-asas agama, kewajiban-kewajiban agama, dan perkara-perkara aqidah yang menjadi pondasi agama Allah. Doa ini menghimpun semua hal tersebut. Ia adalah matan yang lengkap dalam perkara aqidah. Dan ia adalah salah satu hadits yang paling lengkap dalam menghimpun perkara aqidah dan asas agama.Ia terdiri dari 22 kalimat. Terdiri dari 22 kalimat yang seluruhnya tentang aqidah,peneguhan iman, dan pengokohan asas keimanan dalam hati.
========================
وَالْحَدِيْثُ فِي أَثَرِ الْأَذْكَارِ تَفْصِيلًا
حَدِيْثٌ طَوِيْلٌ
لَكِنَّنِي أَقِفُ مَعَ مِثَالٍ وَاحِدٍ
يُعْرَفُ بِهِ أَثَرُ نَظَائِرِهِ فِي تَحْقِيقِ هَذَا الْمَطْلَبِ
هُوَ حَدِيثٌ عَظِيمٌ جَامِعٌ فِي بَابِ الْاِعْتِقَادِ
بَلْ وَحَسَبَ مَعْرِفَتِي وَفِي حُدُوْدِ اِطِّلَاعِي
أَجْمَعُ حَديثٍ لِأُمُورِ الْاِعْتِقَادِ
وَمُهِمَّاتِ الدِّينِ وَأُصولِ الدِّيَانَةِ
وَهُوَ ثَابِتٌ فِي الصَّحِيحَيْنِ
مِنْ حَديثِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَتَهَجَّدُ
قَالَ أَيْ مُسْتَفْتِحًا صَلَاتَهُ مِنَ اللَّيْلِ
وَلِهَذَا جَاءَ فِي بَعْضِ الرِّوَايَاتِ بَعْدَ أَنْ يُكَبِّرَ
أَيْ التَّكْبيرَةَ الْأُوْلَى مِنْ صَلَاةِ اللَّيْلِ
يَقُولُ مُسْتَفْتِحًا صَلَاتَهُ
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ
أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَن فِيْهِنَّ
وَلَكَ الْحَمْدُ
أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَن فِيْهِنَّ
وَلَكَ الحَمْدُ
أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَن فِيْهِنَّ
وَلَكَ الحَمْدُ
أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ
وَلِقَاؤُكَ الْحَقٌّ
وَقَوْلُكَ الْحَقٌّ وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ
وَالجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ
وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ
وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ
وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ
وَبِكَ آمَنْتُ
وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ
وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ
وَبِكَ خَاصَمْتُ
وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ
فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ
وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ
أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ
لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
سُبْحَانَ اللهِ مَا أَعْظَمَ هَذَا الْاِسْتِفْتَاحَ
وَمَا أَجَلَّ شَأْنَهُ
وَمَا أَجْمَعَهُ لِأُمُورِ الْاِعْتِقَادِ وَأُصولِ الْإِيْمَانِ
وَهُوَ يُعَدُّ مَتْنًا جَامِعًا فِي الْعَقِيدَةِ
يُسْتَحَبُّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ أَنْ يَقْرَأَهُ كُلَّ لَيْلَةٍ
وَلَا تَسْتَطِيعُ أَنْ تَقُوْلَ
فِي الْمُتُونِ الَّتِي يَكْتُبُهَا أَهْلُ الْعِلْمِ
بِهَذَا الْاِسْتِحْبَابِ قِرَاءَتُهُ كُلَّ لَيْلَةٍ
لَكِنْ هَذَا الْمَتْنُ الْعَقَدِيُّ الْعَظِيمُ الْجَامِعُ
الَّذِي كَانَ نَبِيُّنَا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُهُ كُلَّ لَيْلَةٍ
مُسْتَفْتِحًا بِهِ صَلَاتَهُ مِنَ اللَّيْلِ
تَسْتَطِيعُ أَنْ تَنْصَحَ كُلَّ مُسْلِمٍ
أَنْ يَقْرَأَهُ كُلَّ لَيْلَةٍ
مُسْتَفْتِحًا بِهِ صَلَاتَهُ مِنَ اللَّيْلِ
تَأَسِّيًا بِالنَّبِيِّ الْكَرِيمِ صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ
وَلِهَذَا الْإِمَامُ الْآجُرِّيُّ رَحِمَهُ اللهُ مِنْ أَئِمَّةِ السَّلَفِ
لَهُ كِتَابٌ أَسْمَاهُ التَّهَجُّدُ وَقِيَامُ اللَّيْلِ وَهُوَ مَطْبُوعٌ
لَمَّا أَوْرَدَ هَذَا الْحَديثَ
قَالَ عَنْهُ إِنَّهُ حَدِيثٌ شَرِيفٌ
يُسْتَحَبُّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ أَنْ يَحْفَظَهُ
قَالَ وَإِنَّمَا أَقُولُ أَنْ يَحْفَظَهُ
لِيَسْتَعْمِلَهُ كُلَّ لَيْلَةٍ عِنْدَمَا يَقُومُ مِنَ اللَّيْلِ
إِذَا كَانَ لَهُ حَظٌّ مِنْ قِيَامِ اللَّيْلِ
قَالَ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ حَظٌّ مِنْ قِيَامِ اللَّيْلِ
فَإِنِّي أَيْضًا أَنْصَحُهُ أَنْ يَحْفَظَ هَذَا الْاِسْتِفْتَاحَ
لَعَلَّ اللهَ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى يَجْعَلَهُ مَعُونَةً لَهُ
لِلْقِيَامِ مِنَ اللَّيْلِ
وَهَذَا الْاِسْتِفْتَاحُ كَمَا أَشَرْتُ يَجْمَعُ أُمُورَ الْاِعْتِقَادِ كُلَّهَا
يَجْمَعُ أُصولَ الدِّينِ وَاجِبَاتِ الدِّيْنِ
أُمُورَ الْمُعْتَقَدِ الَّتِي يَقُومُ عَلَيْهَا دِيْنُ اللهِ
يَجْمَعُهَا كُلَّهَا
فَهُوَ مَتْنٌ جَامِعٌ فِي الْعَقِيدَةِ
وَهُوَ مِنْ أَجْمَعِ الْأَحَادِيثِ
لِأُمُورِ الْاِعْتِقَادِ وَأُصُولِ الدِّيَانَةِ
وَيَتَكَوَّنُ مِنِ اثْنَتَيْنِ وَعِشْرِينَ جُمْلَةً
تَكَوَّنَ مِنِ اثْنَتَيْنِ وَعِشْرِينَ جُمْلَةً جَمِيعُ هَذِهِ الْجُمَلِ فِي الْاِعْتِقَادِ
وَتَثْبِيتِ الْإِيْمَانِ وَتَرْسِيخِ أُصُولِهِ وَالتَّمْكِينِ لَهُ فِي الْقَلْبِ